Deskripsi Mata Kuliah

Deskripsi singkat untuk setiap mata kuliah pada kurikulum 2020 Prodi Sastra Jepang FIB Unpad adalah sebagai berikut:

MATA KULIAH WAJIB UMUMMKWU

Pendidikan Agama   2 SKS (2-0)

Meningkatkan keimanan ketaqwaan dan hubungan baik manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa, hubungan baik antar manusia dan hubungan baik manusia dengan makhluk dan alam sekitarnya.

Pancasila dan Kewarganegaraan 2 SKS (2-0)

Pancasila dan Kewargnegaraan adalah mata kuliah yang mendorong mahasiswa untuk dapat menguasai sikap mental dasar sebagai warga negara yang baik dengan menerapkan nilai- nilai Pancasila dan Kebangsaan dalam kehidupan kesehariannya.

Bahasa Indonesia 2 SKS (2-0)

Mata kuliah ini mendorong mahasiswa untuk mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bentuk tulisan dan keterampilan belajar yang baik.

Bahasa Inggris  2 SKS (2-0)

Mempelajari kedudukan dan fungsi bahasa Inggris, sikap bahasa, ejaan dan ragam bahasa.

Olahraga Kesenian dan Kewirausahaan 3 SKS (0-3)

Mata Kuliah ini dirancang untuk mendukung Tahap Persiapan Bersama (TPB) mahasiswa baru Unpad dalam mengintegrasikan Olah Raga, Kesenian, dan Kreativitas dengan masyarakat sekitar yang bertujuan memberi maslahat kepada masyarakat umum dan diharapkan dapat terbentuk perilaku dan kepribadian serta karakter mahasiswa baru yang peka terhadap masalah-masalah sosial (senses of social).

KBLI (Keterampilan Belajar dan Literasi Informasi) 1 SKS (1-0)

Mata kuliah ini mempelajari  metode dan teknik belajar sepanjang hayat berdasarkan literasi informasi baik ilmiah maupun pengetahuan lokal, disampaikan dengan metode Student Centered Learning (SCL).

Kuliah Kerja Nyata 3 SKS (3-0)

Mendalami materi bidang ilmu/profesi secara praktis di lapangan dan membantu memecahkan masalah pembangunan di lapangan melalui peningkatan sumber daya lokal.

MATA KULIAH WAJIB FAKULTAS (MKWF)

Dasar-dasar Filsafat 2 SKS (2-0)

Mempelajari pengertian, ruang lingkup, serta tokoh-tokoh filsouf dan pemikirannya zaman kuno, pertengahan dan modern.

Kebudayaan Sunda 2 SKS (2-0)

Mata kuliah ini membahas tentang pengetahuan dan wawasan budaya Sunda yang berkembang di tataran masyarakat Sunda daerah Jawa Barat, meliputi sejarah  perkembangan, wujud  kebudayaan, perubahan kebudayaan, unru dan pranata kebudayaan, serta karakteristik masyarakat Sunda .

Kebudayan Indonesia 2 SKS (2-0)

Mata kuliah ini mengkaji tentang kebudayaan yang berkembang di Indonesia zaman kuno, pertengahan dan modern, di mulai dengan pemahaman terhadap konsep-konsep kebudayaan, perkembangan sejarah kebudayaan Indonesia dan karakteristik kebudayaan Indonesia.

Pengkajian Budaya2 SKS (2-0)

Materi kuliah ini berupa pembahasan tentang teori dan definisi kebudayaan, konteks, konsep-konsep terkait ras, etnisitas, representasi, kebudayaan dan ideologi, budaya massa dan budaya popular, industri budaya, dan posmodernisme, serta situs cultural studies.

MATA KULIAH PILIHAN FAKULTAS *

*Kepariwisataan 2 SKS (2-0)

Memiliki pemahaman yang baik tentang potensi pariwisata budaya di Indonesia serta kemampuan dan kapasitas untuk melakukan pemanduan wisata dan memimpin perjalanan.

*Kewirausahaan 2 SKS (2-0)

Materi kuliah ini bertujuan membentuk karakter wirausaha dalam rangka memupuk pengetahuan mengenai seluk beluk bisnis baik dari sisi soft skill maupun hard skill sehingga mampu memanfaatkan peluang yang ada di sekitarnya dalam menciptakan usaha sendiri saat masih kuliah maupun setelah lulus kuliah.

*Diplomasi Budaya 2 SKS (2-0)

Materi kuliah ini berupa pembahasan tentang diplomasi budaya terkait budaya publik dan lain-lain

MATA KULIAH WAJIB PRODI

Kiso Nihongo 4 SKS (4-0)

Materi kuliah ini berupa bahasan tentang penggunaan pola kalimat dasar bahasa Jepang yang mengandung nomina, adjektiva , verba dan partikel beserta aturan perubahan bentuk adjektiva dan verba.

Kiso Nihongo (Bahasa Jepang Dasar) (Lintas prodi dalam Unpad-inbound) 2 SKS (2-0)

Kuliah ini mengajarkan dan melatih mahasiswa untuk memperoleh kemampuan dasar bahasa Jepang secara komprehensif tingkat pemula. Materi kuliah adalah pola-pola kalimat dasar, dan mahasiswa dilatih dapat menerapkan pengetahuan pola kalimat dalam komunikasi sederhana, serta membaca, menulis hiragana dan katakana.

Kiso Kaiwa 4 SKS (2-2)

Materi kuliah ini berupa latihan percakapan sederhana dengan menggunakan pola–pola kalimat yang disesuaikan dengan mata kuliah Kiso Nihongo dengan penekanan pada pelatihan ucapan, intonasi dan aksen bahasa Jepang. Kemudian diberikan pelatihan mendengar dan menyimak dalam bentuk percakapan dan wacana sederhana.

Kiso Moji Goi 4 SKS (4-0)

Materi kuliah ini berupa latihan cara menulis dan membaca Hiragana, menjelaskan boin, dakuon, handakuon, yoon, dan choon, pelatihan menulis kembali dan cara menulis berdasarkan aturan penggunaaan kana, pelatihan membedakan kata yang harus ditulis dengan katakana atau dengan hiragana, pelatihan menulis dasar-dasar huruf Kanji.

Shokyu Nihongo 4 SKS (4-0)

Materi kuliah ini merupakan lanjutan dari mata kuliah Kiso Nihongo  dengan materi pemahaman pola-pola kalimat dasar bahasa Jepang yang menggunakan nomina, adjektiva, verba dan partikel dalam kalimat serta pemahaman bentuk perubahan adjektiva dan verba bahasa Jepang yang sesuai aturan

Shokyu Nihongo Enshu 3 SKS (2-1)

Materi kuliah ini merupakan latihan pola-pola kalimat dasar bahasa Jepang yang menggunakan nomina, adjektiva, verba dan partikel dalam kalimat yang dibahas pada mata kuliah Shokyu Nihongo.

Shokyu Kaiwa 4 SKS (2-2)

Materi kuliah ini berupa latihan percakapan sederhana dengan menggunakan pola– pola kalimat yang disesuaikan dengan mata kuliah Shokyu Nihongo yang merupakan lanjutan Kiso Nihongo dengan inti materi tentang pelatihan ucapan, intonasi dan aksen bahasa Jepang, mendengar dan membedakan bunyi panjang dan pendek, latihan menulis kembali kata yang didengar dengan huruf kana dan kanji dasar. Materi kuliah ini berupa pelatihan untuk mengenal dan menangkap makna kosakata,frasa dan kalimat yang telah dipelajari dalam mata kuliah Kiso Nihongo melalui rekaman kaset, CD/DVD audio maupun visual.

Shokyu Moji Goi-Sakubun 3 SKS (3-2)

Menerangkan dan melatih cara menulis kanji, bentuk dan urutan menulis kanji, cara membaca kanji berdasarkan on dan kun, cara menghafal kanji dan pemakaiannya dalam kalimat. Diarahkan untuk dapat lulus dalam ujian kemampuan Bahasa Jepang tingkat N5. Dan materi kuliah ini berupa latihan menulis karangan dengan pola kalimat sederhana, mencakup di dalamnya 100 buah Kanji dasar yang sudah diberikan di mata kuliah Kiso Moji Goi. 

Nihonjijo 3 SKS (3-0)

Materi kuliah ini berupa pembahasan tentang geografi, iklim, sistem pembagian wilayah pemerintahan di Jepang, sistem kehidupan orang Jepang secara umum seperti bidang pendidikan, perekonomian, perdagangan, pertanian, perikanan dan pariwisata. Penjelasan tentang sejarah Jepang Kunoabad pertengahan hingga jaman modern meliputi asal mula bangsa dan negara Jepang, masuknya kebudayaan China, pertumbuhan masyarakat feodal, sistem pemerintahan Shogun dan Edo, politik isolasi (sakoku), Restorasi Meiji, Imperialisme, Perang Dunia II, dan Pasca Perang Dunia II. Materi kuliah ini berupa pembahasan tentang pembabakan sejarah kesusastraan Jepang dan keistimewaan jaman kesusastraannya serta memperkenalkan hasil karya sastra representatif yang mewakili zamannya masing-masing.

Nihon Bungaku Nyumon 3 SKS (3-0)

Materi kuliah ini berupa pembahasan tentang pembabakan sejarah kesusastraan Jepang dan keistimewaan jaman kesusastraannya serta memperkenalkan hasil karya sastra representatif yang mewakili zamannya masing-masing.

Shochukyu Nihongo 3 SKS (3-0)

Materi kuliah ini berupa lanjutan mata kuliah Shokyu Nihongo, membahas tingkat tutur kata (keigo) dan kalimat aktif-pasif serta lanjutan pembahasan tentang perubahan verba.

Shochukyu Nihongo Enshu 3 SKS (2-1)

Materi kuliah ini adalah lanjutan mata kuliah Shokyu Nihongo Enshu, berupa latihan pola-pola kalimat, tingkat tutur kata (keigo), dan kalimat aktif-pasif, serta lanjutan pembahasan tentang perubahan verba yang mengacu pada mata kuliah Junchukyu Nihongo.

Shochukyu Kaiwa 4 SKS (2-2)

Materi kuliah ini berupa latihan percakapan yang mengarah pada kemampuan mengemukakan berbagai pendapat melalui diskusi dengan menggunakan pola-pola kalimat yang disesuaikan dengan mata kuliah bahasa Jepang tingkat pre-menengah (Junchukyu Nihongo), latihan mendengar dan mengulangi dialog dari rekaman kaset atau video yang berirama cepat, menangkap pembicaraan ilmiah dalam bahasa Jepang, mengungkapkan pendapat mengenai suatu masalah dalam bahasa Jepang.

Shochukyu Moji Goi-Sakubun 3 SKS (3-0)

Materi kuliah ini berupa penulisan Kanji berdasarkan Hitsujun (urutan menulis); membaca Kanji menurut on dan kun, memahami pengertian furigana dan okurigana, memahami penggunaan huruf Kanji di dalam kalimat, memahami arti Kanji dalam bahasa Indonesia. Selain itu, materi kuliah ini berupa latihan membuat karangan dengan menggunakan bentuk ungkapan tingkat lanjutan dengan tema hubungan pribadi dan masyarakat, pandangan pribadi tentang suatu peristiwa yang terjadi. Diarahkan untuk dapat menguasai materi Ujian Kemampuan Bahasa Jepang tingkat N4.

Bunpou 3 SKS (3-0)

Materi kuliah ini berupa penjelasan dan pembahasan tata bahasa Jepang berdasarkan ciri-ciri lingual bahasa Jepang pada tataran kata, frasa, klausa, kalimat seperti kategori kata, hubungan antar unsur dan fungsi sintaksis dalam kalimat yang terdapat dalam hinshi. Setelah selesai mata kuliah ini mahasiswa mampu mengidentifikasi kategori kata, hubungan antar unsur dalam kalimat, fungsi sintaksis, serta konstruksi kalimat.

Nihon Bunka Nyumon 3 SKS (3-0)

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang pengenalan sejarah dan budaya Jepang tradisional dan kontemporer. Pada mata kuliah ini  mahasiswa dilatih untuk mengemukakan pendapat dalam presentasi mengenai budaya Jepang yang mereka minati. Kemudian, mahasiswa diarahkan untuk memilih dan memfokuskan pada sebuah topik mengenai budaya Jepang yang mereka minati tersebut, dan menuliskannya dalam sebuah makalah

Junchukyu Nihongo 3 SKS (3-2)

Materi kuliah ini berupa lanjutan dari mata kuliah Junchukyu Nihongo. Membahas pola kalimat, perubahan bentuk verba, adjektiva pada wacana sederhana. Diarahkan untuk dapat menguasai materi Ujian Kemampuan Bahasa Jepang tingkat N4.

Junchukyu Nihongo Enshu 3 SKS (2-1)

Materi kuliah ini berupa lanjutan dari mata kuliah Junchukyu Nihongo Enshu. Berupa latihan pola kalimat, perubahan bentuk verba, adjektiva pada wacana sederhana yang mengacu pada mata kuliah Shochukyu Nihongo. Diarahkan untuk dapat menguasai materi Ujian Kemampuan Bahasa Jepang tingkat N4.

Junchukyu Kaiwa 4 SKS (2-2)

Materi kuliah ini berupa latihan variasi percakapan dengan menggunakan pola–pola kalimat yang disesuaikan dengan mata kuliah Shochukyu Nihongo, latihan mendengarkan ungkapan dalam berbagai cerita, usia dan jenis kelamin. Materi kuliah ini berupa latihan menyimak dan memahami makna kalimat dan wacana yang disesuaikan dengan materi mata kuliah Shochukyu Nihongo melalui rekaman kaset, CD/DVD audio maupun visual, serta aplikasi online. Diarahkan untuk penguasaan materi ujian kemampuan bahasa Jepang tingkat N 4.

Junchukyu Moji Goi-Sakubun 3 SKS (3-0)

Materi kuliah ini berupa lanjutan tentang cara menulis Kanji menurut Hitsujun, membaca dan menulis Kanji menurut on dan kun dengan wacana pendek. Materi kuliah ini berupa lanjutan mata kuliah Junchukyu Goi-Sakubun dengan mengacu pada mata kuliah Shochukyu Nihongo. Selain itu, materi kuliah ini berupa latihan membuat karangan dengan menggunakan bentuk ungkapan tingkat lanjutan yang diarahkan untuk dapat lulus dalam Ujian Kemampuan Bahasa Jepang tingkat N4.

Nihongogaku Nyumon 3 SKS (3-0)

Kuliah ini mengajarkan dan melatih mahasiswa untuk memperoleh kemampuan tentang dasar-dasar Ilmu linguistik bahasa khususnya linguistik bahasa Jepang. Materi kuliah meliputi dasar-dasar grafologi, fonologi, morfologi, sintaksis bahasa Jepang secara garis besar.

Honyaku Nyumon 3 SKS (3-0)

Mata kuliah ini berupa latihan menerjemahkan kalimat-kalimat sederhana, yaitu kalimat dan kalimat majemuk dari bahasa Jepang ke dalam bahasa Indonessia dan sebaliknya.

Chukyu Nihongo 3 SKS (3-0)

Materi kuliah ini berupa pemahaman tata bahasa dan isi wacana, membahas idiom dan ungkapan dalam wacana, mengemukakan kembali isi wacana. Memahami pola kalimat baru, mencari sinonim kata-kata yang terdapat dalam bahan bacaan tingkat menengah. Mampu menulis kalimat dengan pola kalimat yang dipelajari.

Chukyu Nihongo Enshu 3 SKS (2-1)

Materi kuliah ini berupa latihan untuk mengukur pemahaman tata bahasa dan isi wacana, membahas idiom dan ungkapan dalam wacana, mengemukakan kembali isi wacana yang mengacu pada mata kuliah Chukyu Nihongo.

Chukyu Kaiwa 4 SKS (2-2) (Prodi Sejenis Luar Unpad-inbound)

Perkuliahan ini dilaksanakan dalam bahasa Jepang penuh. Materi kuliah ini berupa asesmen sehingga mahasiswa dapat mengemukakan pemikiran, gagasan, pengalaman secara lisan dalam bahasa Jepang. Pelatihan untuk dapat berkomunikasi dengan orang Jepang, dan presentasi dalam bahasa Jepang berdasarkan topik tertentu untuk tingkat lanjutan mahir (Chukyu Nihongo). Mata kuliah ini diakhiri dengan pembuatan video dalam Bahasa Jepang dengan topik tertentu.

Chukyu Goi-Sakubun 3 SKS (3-0)

Materi kuliah ini membahas kosakata dan Kanji untuk bahan karangan. Membahas kosakata disesuaikan dengan tema-tema karangan tersebut. Kanji disesuaikan dengan target kanji untuk JLPT N3-N2.

MK Pilihan Fakultas, Prodi, Lintas prodi **

**Nihongogaku Gairon 3 SKS (3-0) (Prodi Sejenis Luar Unpad-inbound)

Materi kuliah ini berupa kelanjutan dari mata kuliah Nihongogaku Nyumon. Pokok bahasan meliputi pengenalan sub-linguistik mikro secara garis besar yang terdiri atas fonetik-fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan makro yang terdiri atas sosiolinguistik, pragmatik. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa memiliki kompetensi pemahaman terhadap keilmuan dasar-dasar linguistik.

**Nihon Bungaku Gairon 3 SKS (3-0)

Materi kuliah ini berupa pembahasan mengenai perkembangan sastra dari zaman Edo ke jaman Meiji  khususnya gesaku bungaku dan mampu mengidentifikasikan pengklasifikasian genre sastra  prosa, puisi dan naskah drama. Dibahas pula garis besar kesusatraan jaman modern meliputi ciri-ciri khusus tinjauan periode awal dan tinjauan periode akhir

**Nihon Bunka Gairon 3 SKS (3-0) (Lintas Prodi Dalam Unpad-inbound)

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang pengenalan budaya Jepangyang terkait dengan agama, pola pikir, etika dan aspek-aspek lainnya dalam kehidupan masyarakat Jepang sehari-hari . Pada mata kuliah ini  mahasiswa dilatih untuk mengemukakan pendapat dalam presentasi mengenai budaya Jepang yang mereka minati. Kemudian, mahasiswa diarahkan untuk memilih dan memfokuskan pada sebuah topik mengenai budaya Jepang yang mereka minati tersebut, dan menuliskannya dalam sebuah makalah.

**Honyaku Gairon 3 SKS (3-0)

Mata kuliah ini berupa latihan-latihan penerjemahan wacana/karangan pendek dari bahasa Jepang ke dalam bahasa Indonesia dan sebaliknya.

Junjokyu Nihongo 4 SKS (4-0)

Materi kuliah ini berupa pemahaman tata bahasa dan isi wacana, membahas idiom dan ungkapan dalam wacana, mengemukakan kembali isi wacana. Memahami pola kalimat baru, mencari sinonim kata-kata yang terdapat dalam bahan bacaan tingkat pra-mahir.

Junjokyu Kaiwa 4 SKS (2-2)

Materi kuliah ini berupa latihan untuk dapat mengemukakan pemikiran, gagasan, pengalaman secara lisan dalam bahasa Jepang. Pelatihan untuk mempresentasikan karya ilmiah pada satu topik tertentu. Mata kuliah ini diakhiri dengan pembuatan video perorangan dalam Bahasa Jepang dengan topik tertentu.

Junjokyu Goi-Sakubun 3 SKS (3-0)

Materi kuliah ini membahas kosakata dan Kanji untuk bahan karangan. Membahas kosakata disesuaikan dengan tema-tema karangan tersebut. Kanji disesuaikan dengan target kanji untuk JLPT N2.

Chujokyu Nihongo 3 SKS (3-0)

Materi kuliah ini berupa pemahaman tata bahasa dan isi wacana, membahas idiom dan ungkapan dalam wacana, mengemukakan kembali isi wacana. Memahami pola kalimat baru, mencari sinonim kata-kata yang terdapat dalam bahan bacaan tingkat mahir.

Shigoto no Nihongo 4 SKS (2-2) (Prodi Sejenis Luar Unpad/ Internasional/ASEAN)

Materi kuliah ini berupa latihan untuk dapat mengemukakan pemikiran, gagasan secara lisan dalam bahasa Jepang. Pelatihan untuk berdiskusi pada satu topik tertentu. Melatih penerapan Bahasa Jepang dalam dunia kerja.

MK Peminatan Prodi ***

***Nihongogaku 3 SKS (3-0)

Materi kuliah ini merupakan mata kuliah peminatan bidang linguistik. Pokok bahasan meliputi sub-linguistik mikro yang terdiri atas fonetik-fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan makro yang terdiri atas sosiolinguistik, pragmatik. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa memiliki kompetensi pemahaman terhadap pokok bahasan di atas, dan mampu mengaplikasikannya sebagai landasan analisis. Mata kuliah ini diakhiri dengan penulisan artikel pada jurnal nasional atau book chapter.

***Nihon Bungaku 3 SKS (3-0)

Materi kuliah ini berupa pembahasan secara lebih luas tentang prosa modern beserta aliran-aliran dan ciri khas yang mewakili prosa zaman Meiji, Taisho, dan Showa. Selain itu menjelaskan drama Jepang secara umum, sejarah perkembangan dan keistimewaan serta drama seperti Noh, Joruri, Kyougen, Bunraku, dan Kabuki. Membahas pula hasil karya drama Jepang seperti Chichi, Kaeru, dan Yuzuru, puisi Jepang secara umum, sejarah perkembangan Puisi Jepang (Kayoo, Haiku, Haikai) dan penyairnya serta puisi modern dan hasil karya para penyair seperti Shimazaki Toson, Takamura Kotaro, Hagiwara Sakutaro, Ishikawa Takuboku, dan Miyazawa Kenji. Mata kuliah ini diakhiri dengan penulisan artikel pada jurnal nasional atau book chapter.

***Nihon Bunkagaku 3 SKS (3-0)

Materi kuliah ini berupa kajian tentang pola pikir bangsa Jepang dari sudut pandang budaya. Selain itu membahas pula tentang perubahan pola pikir seiring perkembangan masyarakat Jepang. Mata kuliah ini diakhiri dengan penulisan artikel pada jurnal nasional atau book chapter.

***Honyakugaku 3 SKS (3-0)

Materi kuliah ini berupa pembahasan tentang teknik-teknik penerjemahan karya sastra, komik serta karya-karya lain di luar karya sastra. Mata kuliah ini diakhiri dengan penerbitan buku terjemahan.

***Metode Penelitian Linguistik 4 SKS (3-1)

Materi kuliah ini berupa pembahasan mengenai dasar-dasar metode penelitian, jenis penelitian, dan sifat penelitian, metode kajian, teknik analisis. Bahasan lainnya mengenai hubungan data, metode, teknik, dan teori, bahasa sebagai objek penelitian; materi bahasa dikaitkan dengan penelitian; ilmu yang berhubungan dengan bahasa, objek penelitian, dan konteks objek penelitian; korpus dan mentes populasi dan sample, sumber data. Selain itu membahas pula mengenai metode dan teknik pengumpulan data, metode dan teknik analisis data , membimbing dan mendiskusikan topik linguistik sebagai bahan penulisan skripsi serta mengarahkan penulisan skripsi.

***Metode Penelitian Sastra 4 SKS (3-1)

Materi kuliah ini berupa pembahasan mengenai dasar-dasar penelitian, jenis penelitian dan sifat penelitian, metode kajian, teknik analisis, metode penelitian sastra (strukturalisme dan strukturalisme genetik) serta bahasan mengenai semiotika, resepsi sastra, intertekstualitas, dekonstruksi, dan kritik feminis. Selain itu membimbing dan mendiskusikan topik kesusastraan sebagai bahan penulisan skripsi serta mengarahkan penulisan skripsi.

***Metode Penelitian Budaya 4 SKS (3-1)

Materi kuliah ini berupa pembahasan dan penerapan metode kajian budaya melalui teori dan definisi kebudayaan, konteks, konsep terkait ras, etnisitas, representasi, kebudayaan dan ideologi, budaya massa dan budaya popular, industri budaya, dan posmodernisme, serta situs cultural studies.

***Metode Penelitian Penerjemahan 4 SKS (3-1)

Materi kuliah ini berupa pembahasan tentang dasar-dasar penelitian penerjemahan, jenis penelitian dan sifat penelitian, metode kajian, teknik analisis, dan metode penelitian penerjemahan (penerjemahan karya sastra maupun non sastra).

MK Pilihan Fakultas, Prodi, Lintas prodi**

**Kapita Selekta  6 SKS   (Lintas prodi dalam Unpad)

Misalnya mata kuliah:

Manajemen

Materi kuliah ini berupa pembahasan tentang dasar-dasar manajemen yang terkait dengan proses dan cara dalam menyelesaikan pekerjaan melalui kerja sama tim, integritas, dan totalitas untuk mencapai tujuan organisasi.

Ilmu Komunikasi

Materi kuliah ini berupa pembahasan tentang etika, norma, sikap dan perilaku dalam berkomunikasi pada suatu organisasi, atau lembaga yang terkait dengan pekerjaan serta masyarakat umum.

Psikologi Terapan

Materi kuliah ini berupa pembahasan tentang pengetahuan dasar-dasar psikologi secara umum dan psikologi khusus yang diterapkan dalam bidang penelitian sastra dan pendidikan bahasa kedua.

PKTI (Pengenalan Komputer dan Teknologi Informasi)

Materi kuliah ini berupa pembahasan tentang pengetahuan dasar cara memahami dan mengoperasionalkan komputer dalam program word, excel, dan program lainnya yang diperlukan dalam dunia kerja, dengan kemampuan memproses secara digital dan aplikasi teknologi.

**Nihon Dentou Bunka Jisshuu (Lintas prodi Luar Unpad) 3 SKS

Materi kuliah ini berupa pembahasan tentang budaya Jepang tradisional dan budaya kontemporer yang diimplementasikan dalam kegiatan ekstra kurikuler seperti: Sadou (klub yang menyelenggarakan chanoyu atau upacara minum teh Jepang), Shuji (klub yang mewadahi mahasiswa yang memiliki minat terhadap kaligrafi Jepang), Rakugo (seni bercerita tradisional dari Jepang), Kendo(klub yang memiliki kegiatan mempelajari dan mempraktekkan salah satu seni olahraga beladiri Jepang yaitu kendo).

**Etika Bisnis dan Bahasa Jepang  3 SKS  (2-1)

Materi kuliah ini berupa pembahasan secara umum manajemen, etika, dan etos kerja di perusahaan Jepang dan membahas bahasa Jepang dalam berkomunikasi bisnis. Mata kuliah ini diakhiri dengan presentasi hasil laporan kunjungan ke perusahaan/instansi Jepang.

**Bahasa Jepang Guiding/Interpreting 3 SKS (2-1)

Materi kuliah ini berupa pembahasan teknik-teknik penerjemahan lisan khususnya bahasa Jepang untuk memandu orang Jepang. Mata kuliah ini diakhiri dengan praktik/simulasi guiding di kelas.

**Inovasi Pengajaran Bahasa Jepang 3 SKS (2-1)

Materi kuliah ini berupa pembahasan secara umum bahasa Jepang yang digunakan dalam perkembangan pengajaran dan metodologi pengajaran bahasa Jepang, serta diakhiri dengan simulasi pengajaran siswa.

**Aplikasi Komputer Bahasa Jepang 3 SKS (2-1)

Materi kuliah ini berupa pembahasan penggunaan bahasa Jepang dalam media IT serta pengoperasionalan media IT tersebut. Mata kuliah ini diakhiri dengan presentasi hasil laporan penelaahan penggunaan Bahasa Jepang dalam media IT.

**Pemahaman Lintas Budaya (Ibunka Rikai) 3 SKS (2-1)

Mata kuliah ini berupa pembahasan budaya Jepang melalui perbandingan dengan budaya Indonesia sebagai upaya untuk menumbuhkan dan meningkatkan serta menghormati perbedaan budaya. Mata kuliah ini diakhiri dengan presentasi hasil laporan kunjungan ke perusahaan/instansi Jepang.

Skripsi 6 SKS Berupa tugas akhir mahasiswa sebagai persyaratan kelulusan yang terdiri atas 4 bidang kajian peminatan  yaitu Sastra, Linguistik, Budaya, dan Terjemahan.