Mahasiswa Prodi Sastra Jepang Juara 2 pada Lomba lomba Esai -Pidato Bahasa Jepang Bertema Transportasi ke-5 (第5回日本語作文 · スピーチコンテスト)

Mahasiswa Prodi Sastra Jepang FIB Unpad atas nama Maulana Rezky Lamandu angkatan 2017 mendapatkan Juara 2 pada ajang lomba Esai -Pidato Bahasa Jepang Bertema Transportasi ke-5 (第5回日本語作文 · スピーチコンテスト)  tingkat nasional yang diselenggarakan secara online oleh Universitas Hiroshima Jepang bekerjasama  dengan Universitas Darma Persada (Unsada) Jakarta.

Kegiatan lomba ini merupakan kegiatan tahunan yang telah terlaksana sebanyak 5 kali dengan mengusung tema transportasi. Lomba ini diikuti oleh mahasiswa perwakilan prodi Bahasa Jepang dari 10 Universitas di Indonesia yaitu USU, UI, UNPAD, UPI, UNSADA, UNIBRAW, UNAIR, UNHAS, UGM, dan UNUD.

Para peserta dari masing-masing universitas terlebih dahulu membuat karangan esai (sakubun) bertema transportasi kemudian di seleksi secara internal di prodi masing-masing, selanjutnya 5 naskah terbaik diajukan ke panitia di Universitas Horoshima Jepang. 1 naskah terbaik dari setiap universitas kemudian maju ajang final lomba pidato untuk menentukan yang terbaik dari segi naskah dan penyampaiannya.

Pada ajang final tanggal 19 Desember 2020 lalu, Juara 1 diraih oleh perwakilan UNIBRAW atas nama Delia Budi Kamilia dengan judul pidatoまずは考えましょう(Mari Kita Pikirkan Terlebih Dahulu), juara 2 diraih oleh perwakilan UNPAD atas nama Maulana Rezky Lamandu dengan judul pidato ローカルな公共交通機関のデジタル化 (Digitalisasi Alat Transportasi Umum Lokal), dan juara 3 diraih oleh perwakilan UNHAS atas nama Tassya Safhira Rifarsha dengan judul pidato オンライン郵送、安全ですか?(Amankah Transportasi Online?).

Ketiga Juara mendapkan Sertifikat, Piala, dan hadiah yang dikirim langsung dari Jepang. Untuk juara pertama selain mendapatkan piala dan hadiah juga mendapatkan kesempatan untuk pelatihan Bahasa Jepang di Universitas Hiroshima Jepang.

Perlombaan pada tahun 2020 terasa sangat berbeda karena dilaksanakan di masa pandemi Covid-19 sehingga segala bentuk persiapan dan pelaksanaannya dilakukan melalui media daring Email, Whatsapp dan Zoom Meeting.

Meski demikian perlombaan ini berjalan sukses dan menjadi bukti bahwa batasan kegiatan selama pandemi tidak menjadi halangan untuk belajar dan berprestasi dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa Prodi Sastra Jepang FIB Unpad.

Semoga di ajang lomba esai-pidato dan juga lomba-lomba lain berikutnya perwakilan Prodi kita bisa mempertahankan prestasi dan bisa mendapatkan prestasi yang lebih baik.

Dengan berprestasi kita bisa meningkatkan kompetensi diri kita dan juga memberikan motivasi bagi mahasiswa lainnya.

Salam sehat, tetap semangat belajar dan berprestasi.

Sertifikat Juara ke-2
Piala Juara ke-2
Hadiah Hiburan (Ipad) Juara ke-2

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*